Adiluhung Luncurkan Kapal KMP Aceh Hebat 2 Pesanan Pemprov Aceh

POPULAR

Pembangunan Kapal Baru Masuk Program Padat Karya Hubdat

Jakarta-Direktorat Jenderal Perhubungan Darat  (Hubdat) Kemenhub berupaya menggairahkan perekonomian dengan melakukan sejumlah program padat karya dengan anggaran hingga Rp46,53 miliar selama pandemi Covid-19. Namun,...

IPERINDO Gelar Seminar Tarif dan Revolusi Maritim di Samarinda

JAKARTA- Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO) Cabang Kalimantan Timur bekerja sama dengan Indonesian  Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Cabang Samarinda,...

Yance Gunawan, Direktur Utama Galangan PT. Dumas/Penasehat IPERINDO Meninggal Dunia.

Jakarta - Industri galangan kapal Indonesia kembali berduka. Tokoh galangan kapal Indonesia yang juga salah satu penasehat Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai...

Citra Shipyard Luncurkan Empat Unit Kapal Tunda IPCM

JAKARTA—PT  Citra Shipyard Batam, Provinsi Kep. Riau meluncurkan empat kapal tunda berkapasitas 2 x 2.200 horde power  senilai Rp230 miliar pesanan PT Jasa Armada...

Sumber Marine Shipyard Bangun Kapal Angkut Semen

JAKARTA: PT Sumber Marine Shipyard, perusahaan galangan kapal berbasis di Batam, Kepulauan Riau, membangun dua unit kapal PB Cement Carrier berkapasitas 4.500 Dead Weight...

Jakarta-Kapal Penumpang & Pengangkut Kendaraan pesanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Aceh, KMP Aceh Hebat 2 telah dilaunching, Jumat (16/10/2020). Peluncuran kapal yang dilaksanakan malam hari itu terbilang 2 bulan lebih cepat dari target penyelesaian yang ditetapkan dalam kontrak kerja pembangunan kapal berjenis Ferry Ro-Ro 1100 GT tersebut.

“Alhamdulillah, kita semua diberikan kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sehingga bisa menyelesaikan kapal ini dengan baik,” ungkap Anita Puji Lestari, Direktur Utama (Dirut) PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (PT ASSI), Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Foto Bersama di sela-sela peluncuran KMP Aceh Hebat-2

Wakil Ketua Umum IPERINDO itu menjelaskan PT Adiluhung selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil yang berkualitas, mulai dari sisi waktu maupun spesifikasi produk sesuai ketetapan dalam kontrak.

Berdasar dokumen kontrak kerja pembangunan kapal KMP Aceh Hebat 2 antara PT Adiluhung Saranasegara Indonesia dengan Pemerintah Aceh adalah, tanggal 23 Agustus 2019 sampai dengan 31 Desember 2020. “ini sesuai arahan bapak Plt. Gubernur Aceh yang berharap kapal jenis Roll On-Roll Off ini dapat diserahterimakan sebelum tanggal, 31 Desember 2020,” tutur Anita.

Artinya, jika ditarik ke belakang, penyelesaian pembangunan KMP Aceh Hebat 2 yang dikerjakan PT ASSI mampu diselesaikan dalam waktu 15 bulan atau kurang dua bulan dari target penyelesaian pembangunan dan tidak melebihi dari hitungan masa kontrak pengerjaan. Meski demikian, Anita tak mengelak, munculnya kendala saat situasi lockdown yang dialami sejumlah negara produsen komponen kapal, seperti bow thruster buatan Belanda. “Tetapi alhamdulillah, akhirnya komponen-komponen tersebut sudah datang,” tutur Alumni ITS Perkapalan tersebut.

KMP Aceh Hebat -2 setelah meluncur ke laut.

Lebih jauh dijelaskan, pelaksanaan peluncuran kapal KMP Aceh Hebat 2 ini sebagai tahapan pengerjaan yang sebelumnya sudah dilaksanakan Keal Laying (Peletakan Lunas) pada, 21 Oktober 2019. Sehingga, launching pada malam hari itu merupakan rangkaian proses penyelesaian kapal sebelum kapal tersebut diserahterimakan.

“Sekaligus, menunjukkan bukti pelaksanaan dari komitmen atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Aceh untuk pembangunan Kapal Penumpang & Pengangkut Kendaraan, KMP Aceh Hebat 2 ini,” urainya seperti ditulis koran madura.

Anita juga melaporkan, untuk pengawasan pembangunan kapal KMP Aceh Hebat 2 tersebut, selalu dilaksanakan, seperti Kick Of Meeting secara periodik oleh KPA dan PPTK. Terkait proses fabrikasi, Anita mengatakan, kapal KMP Aceh Hebat 2 ini dibangun menggunakan sistem block section dengan melewati proses fabrikasi assembling dan erection.

“Kami laporkan kapal KMP Aceh Hebat 2 ini, progres sampai dengan Jumat, 16 Oktober 2020 adalah, Hull Construction telah mencapai 100%, Hull Outfitting 99.50%, Sistem Pipa 97.85%, Sistem Permesinan & Propulsi 85.00% dan Sistem Kelistrikan 98.56% serta nterior 99.50%,” urai Anita.

Foto Bersama disela-sela dengan latar KMP Aceh Hebat-2

Untuk diketahui, kapal pesanan Pemprov Aceh ini di desain sedemikian rupa dengan tingkat kenyamanan penumpang yang baik. Selain itu, KMP Aceh Hebat 2 juga dilengkapi bow thruster untuk membantu manufer kapal, termasuk peralatan-peralatan navigasi, alat keselamatan dan komunikasi yang canggih.

“Kami juga mohon maaf, acara peluncuran ini terpaksa dilaksanakan malam hari, mengingat jadwal air pasang terbesar pada bulan ini di malam hari,” ungkap Anita di hadapan Ir. Nova Iriansyah, MT, selaku Plt. Gubernur Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi, ST, MT, Kuasa Pengguna Anggaran Bidang Pelayaran (KPA Bid.Pelayaran) Ir. Mahyus Syafril, Kepala Penghubung Pemerintah Aceh Almuniza Kamal dan Staf Khusus PLT.Gubernur Aceh, Tamren Ananda yang hadir di acara tersebut.

Aksi peluncuran KMP Aceh Hebat 2 juga disaksikan, Ir. H. Bambang Harjo S, selaku Penasehat Utama PT ASSI, Komisaris Utama PT ASSI, H. Khoiri Soetomo, SE, Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama, Erwin H. Poedjono, SE, serta perwakilan Biro Klasifikasi Indonesia yang dihadiri Kepala Cabang Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Utama Surabaya, Arif Kurniawan, ST dan Dedi Achmad Wahyono, M. Mar. E.

Sedangkan, jadwal selanjutnya setelah kapal KMP Aceh Hebat 2 dilaunching, 16 Oktober 2020 adalah, Dock Trial pada, 2 November 2020, Inclining Test tanggal, 3 November 2020, Official Sea Trial dijadwal 4 November 2020 dan Inventarisasi tanggal, 5 November 2020. KMP Aceh Hebat 2 juga direncanakan melakukan Familiarisasi & Alih Teknologi mulai 6-18 November 2020, serta Kelengkapan Dokumen pada, 15 November 2020.

“Untuk delivery, kami schedule tanggal, 21 November 2020 dan serah terima di tanggal, 2 Desember 2020,” urai Anita digelaran launching yang dihadiri Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK) Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya yang diwakili Arie Setianto, ST, Capt. Hendrik Januar Setiyono, S.SiT, M.Mar, ST dan Soetjipto serta Bambang Sugiarto SIP, MM, selaku Kepala Kantor Kesyahbandaran Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Telaga Biru, dan Drs. Momon Hermono, Ketua DPC IPERINDO Jawa Timur.

Sementara, pada saat bersamaan, Ir. Nova Iriansyah, MT, selaku Plt. Gubernur Aceh berharap, KMP Aceh Hebat 2 akan membawa manfaat yang besar bagi konektifitas di Aceh, khususnya dalam peningkatan pariwisata Sabang. Menurutnya, konsep utama pembangunan KMP Aceh Hebat 2 ini juga diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang. “Tentu saja dengan harapan, multiplier effect-nya adalah tumbuhnya perekonomian wilayah Aceh,” ujarnya.

Ia menjelaskan usai peluncuran, kapal tersebut akan melewati serangkaian pengujian, salah satunya uji berlayar (sea trial) agar nantinya saat melayani lintasan Ulee Lheue – Balohan, kapal tersebut dapat beroperasi secara optimal.

Seluruh uji teknis dan non-teknis akan dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan pelayaran nantinya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama, komisaris dan keluarga besar PT. Adiluhung Sarana segara Indonesia beserta seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu sekaligus telah memberikan performa begitu bagus dan kinerja terbaik, sehingga awal Desember ini, kapal dapat dilakukan serah terima di Banda Aceh,” kata Nova. (koran madura/Aj)

KMP Aceh Hebat 2

SPESIFIKASI KMP ACEH HEBAT 2

L.O.A : 63.75 meter

L.P.P : 57.23 meter

Lebar : 13.60 meter

Tinggi : 3.90 meter

Sarat Maksimum : 2.80 meter

Kecepatan : 13.00 knots

Kapasitas penumpang : 252 orang

Kapasitas kendaraan : 26 Unit (18 unit Truk & 8 Unit Sedan)

Mesin Induk : Mitsubishi S12R-T2MPTK 2 x 1400 HP

Mesin Bantu : Doosan AD.158.T1 3 x 300 Kva

Propeller : Fix Propeller

Bow Thruster : 25 KN (200 kW)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

NEWS

Galangan Sepi, Tapi Pemerintah Masih Tertarik Impor Kapal

JAKARTA - Ikatan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) mengirim surat kepada pemerintah terkait pembuatan kapal-kapal milik pemerintah di luar negeri. Ketua Umum Iperindo...

Resmi, PAL Pilih Desain Babcock untuk Proyek Kapal Frigate Kemhan

Surabaya - PT PAL Indonesia (Persero) menandatangani Licence Agreement dengan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai Penyedia Desain Arrowhead 140 untuk Pengadaan 2 (dua)...

Sejak 2015, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Bangun 157 Kapal di Indonesia.

JAKARTA - Kementerian  Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sejak 2015 hingga sekarang telah membangun 157 unit kapal baja dengan berbagai tipe dan ukuran...

IPERINDO Perkenalkan Berbagai Jenis Kapal yang Bisa Dibangun di Indonesia

JAKARTA--Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO) memperkenalkan berbagai jenis produk kapal yang sudah bisa dibangun pada galangan kapal nasional dalam negeri...

Pemerintah Suntikkan Modal Negara ke PT PAL Indonesia (Persero) Rp1,28 Triliun Melalui Skema PMN.

JAKARTA-Presiden Jokowi menyuntikkan modal negara ke PT PAL Indonesia (Persero) melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 1,28 triliun. PAL merupakan BUMN yang bergerak di...