IPERINDO Dorong Modernisasi Galangan Kapal di Indonesia

Berita Terpopuler

SURABAYA-Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO) mendorong modernisasi galangan-galangan kapal di Indonesia sehingga dapat setara dengan galangan-galangan kapal di dunia.

Topaz Gigapixel AI Crack

“Pada kenyataannya memang terdapat gap antara satu galangan dengan galangan yang lain, dalam hal kualitas hasil produksi dan waktu pembangunan kapal,” kata Ketua Umum Iperindo Anita Puji Utama saat membuka Pelatihan Prosedur Pembangunan Kapal dan Manajemen Produksi, Kampuh Welding Indonesia, Surabaya, 19 September 2022.

Salah satu langkah Iperindo untuk mengurangi gap tersebut adalah dengan melaksanakan Pelatihan Prosedur Pembangunan Kapal dan Manajemen Produksi maupun pelatihan-pelatihan lainnya.

Dengan adanya Pelatihan ini, maka diharapkan akan meningkatkan manajemen produksi pembangunan kapal yang akhirnya akan menghasilkan produk kapal yang lebih berkualitas, lebih cepat jadwal pembangunannya dan lebih murah biayanya.

Hal ini juga akan mendorong semakin kecil gap diantara satu galangan dengan galangan yang lainnya, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas dan manajemen produksi antar galangan mencapai tingkat yang tidak berbeda jauh.

Anita menjelaskan Iperindo telah melaksanakan Rapat Umum Anggota (RUA) pada taggal 16 Juni 2022 yang lalu, dan sudah menetapkan Kepengurusan yang baru untuk Periode Tahun 2022-2026.

Sejak Kepengurusan yang baru terbentuk, sudah dilaksanakan pelatihan-pelatihan, khususnya bagi peningkatan kompetensi tenaga terampil yang bekerja di galangan-galangan kapal nasional, seperti Pelatihan Pengelasan, Pelatihan Permesinan, dan sebagainya.

Kegiatan Pelatihan Prosedur Pembangunan Kapal dan Manajemen Produksi merupakan Kerjasama antara Pemerintah Jepang yang diwakili oleh JICA dan Pemerintah Indonesia yang diwakili Direktorat Jendral ILMATE Kementerian Perindustrian.

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru