KASAL Laksamana TNI Yudo Margono ‘Bocorkan’ Peremajaan Alutsista Baru di TNI AL

Berita Terpopuler

JAKARTA-Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL) TNI Yudo Margono baru-baru ini telah membocorkan perihal peremajaan alutsista baru di TNI AL. Hal tersebut dijelaskan KASAL pada saat memberikan penjelasan kepada wartawan di Balai Samudra, Kelapa Gading, TNI AL di acara Fun Run HUT TNI AL ke 77 pada 11 September 2022.

KASAL menjelaskan jika peremajaan alutsista TNI AL dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran. “Peremajaan dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran yang diberikan kepada kita (TNI AL) maupun Kemenhan,” ucap KASAL.

Terlebih lagi KASAL juga menjelaskan ada 2 kapal fregat di PT PAL serta 2 unit PC 60 yang tersebar di daerah. “Ya saat ini ada 2 kapal fregat di PT PAL kemudian ada 2 PC 60 ada di Banten dan Batam dan kemudian ada KCR 60 juga di Lampung maupun Bekasi,” tambah KASAL.

Kapal Fregat TNI AL

Akan tetapi tak dijelaskan lagi oleh KASAL soal fregat jenis apa yang yang ada di PT PAL. Ada dugaan jika 2 kapal fregat di PT PAL tersebut kemungkinan besar adalah kapal jenis baru yang sedang dibuat.

Terlepas dari itu jika KASAL tetap menegaskan bahwa modernisasi alutsista kita laksanakan terus menerus tiap tahun. “Jadi artinya modernisasi alutsista kita laksanakan terus menerus tiap tahun pasti secara bertahap dan menyesuaikan anggaran yang diberikan ke TNI AL,” tegas KASAL.

Dari penjelasan ini artinya TNI AL nantinya setiap tahun akan mempersembahkan banyak alutsista baru nantinya. Khususnya beberapa peramajaan kapal perang kelas canggih yang akan melengkapi TNI AL nantinya. Selain itu, Komando Armada III (Koarmada III) akan mendapatkan kapal perang canggih.

Kapal perang canggih yang akan didapatkan Koarmada III adalah KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875. Diinformasikan dari tnial.mil.id, KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 akan memperkuat unsur tempur Koarmada III.

Dengan penempatan KRI Dorang 874 di Lantamal X Ambon dan KRI Bawal 875 di Lantamal XIV Sorong yang merupakan wilayah Koarmada III TNI AL. Dari adanya 2 kapal perang canggih tersebut membuat wilayah Koarmada III semakin kuat dan kokoh.

Perlu diketahui jika 2 kapal perang canggih KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 yang akan memperkuat Koarmada III merupakan Patroli Cepat (PC) 60. Diinformasikan jika 2 kapal perang PC ini merupakan hasil dari Industri dalam negeri yang memiliki spesifikasi mengagumkan.

Dijelaskan bahwa kapal perang memiliki panjang total 60 m, lebar 8,5 m, serta displacement 520 ton (Full Load). Lalu untuk akomodasi kapal perang jenis PC ini dibekali dengan 55 personel dengan kecepatan maksimalnya sampai 24 knots.

Tetapi saat dilaksanakan sea trial mencapai kecepatan 26,8 knots. Perlu diketahui bahwa kapal perang ini diperkuat dengan senjata 1 pucuk Meriam 40mm Bofors dan 2 pucuk Mitraliur 12,7mm.

Dengan kelengkapan senjata tersebut maka senjata 40 mm Bofors di kapal perang jenis PC ini bisa melakukan pertahanan anti udara kelas canggih. Akan tetapi pertahanan anti udara kelas canggih yang bisa dilakukan hanya jarak dekat saja.

Walaupun hanya jarak dekat saja, tetapi daya hancur senjata 40mm Bofors di KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 sangat mematikan. Terlebih lagi senjata 40mm Bofors KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 bisa dipakai untuk anti permukaan.

Maka tak heran jika ada penjelasan bahwa KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 dapat melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara. Serta KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 dapat melaksanakan patroli keamanan laut dan tugas operasi tambahan lain seperti operasi SAR. (sumber:pikiranrakyat.com)

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru