Kolaborasi BUMN, PAL dan BKI Siap Wujudkan Kemandirian Industri Maritim Nasional

Berita Terpopuler

JAKARTA- Besarnya kepercayaan Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan, Kementerian BUMN dan TNI AL dalam memperkuat penguasaan teknologi rancang bangun Alutsista Matra Laut, Maritim dan Energi. PT PAL Indonesia terus memperkuat kerjasama dalam sektor pendukung dengan sejumlah badan usaha. Kali ini PAL menggandeng holding ID Survey yang dipimpin oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).
CEO PT PAL Indonesia Bapak Kaharuddin Djenod menandatangani nota kesepahaman dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), yang diwakili oleh CEO Bapak Rudiyanto. Kesepakatan antar keduanya yakni kerjasama bidang operasi & pengembangan bisnis dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim nasional.
“Melalui kerjasama antara PAL dan BKI ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengembangan kemandirian industri maritim” terang Bapak Kaharuddin Djenod dalam sambutannya
CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod (kanan) Bersama CEO PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Rudiyanto setelah menandatangani MoU pada 06 September 2022
Melalui kolaborasi ini, diharapkan PT PAL Indonesia dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) yang tergabung dalam BUMN Klaster Manufaktur dapat semakin kuat, dan mendorong peningkatan market size dari masing-masing perusahaan.
Selain itu, kerjasama ini dapat sekaligus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas khususnya pada pengembangan teknologi dua entitas dibidang masing-masing.
Lebih lanjut, Bapak Kaharuddin menjelaskan kerjasama ini juga berkaitan dengan alokasi dana PMN TA APBN 2021, yakni salah satunya dengan pembangunan fasilitas ship lift kapal selam. Alih-alih melakukan import, PAL berkomitmen dalam implementasi kemandirian teknologi bekerjasama dengan rekan-rekan strategis dalam membangun fasilitas ship lift, beberapa di antaranya yakni Pindad dan BKI.
Proyek strategis yang dipercayakan oleh pemerintah kepada PAL, merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam memperkuat kedaulatan maritim sekaligus mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan sarana transportasi laut yang handal dan berteknologi tinggi.
“Apresiasi kepada PAL atas hubungan baik selama ini, dan terus menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. BKI siap mendukung kebutuhan PAL khususnya di bidang klasifikasi baik pada produksi kapal maupun general engineering” tutur Bapak Rudiyanto CEO PT Biro Klasifikasi Indonesia.
Setali tiga uang, PAL & BKI memiliki portofolio dalam bidang Energi, Industri, Marine, Offshore. Agenda yang digelar di kantor pusat BKI hari ini, turut dihadiri oleh jajaran pemangku kepentingan baik dari PT PAL Indonesia oleh COO Bapak Iqbal Fikri, CFHRO Bapak Oggy Achmad Kosasih dan jajaran pemangku kepentingan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). (Sumber: www.pal.co.id)
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru