Pembangunan Kapal Pandu Multipurpose Ditargetkan Rampung Akhir November 2022

Berita Terpopuler

JAKARTA-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika (PRTH) dan Laboratorium Hidrodinamika bersama Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) meninjau progres pembangunan Kapal Pandu Multipurpose di Sidoarjo. Kapal Pandu Multipurpose merupakan kapal pertama yang akan dimiliki BPKS.

Kepala BPKS, Junaidi Ali, menjelaskan kapal diinisiasi berdasarkan kontrak pekerjaan Perencanaan Desain Kapal Pandu Multipurpose Tahun 2021 antara BPKS dan Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BRIN. “Semoga di kemudian hari akan lebih banyak lagi kerja sama antara BRIN dan BPKS untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja BPKS,” ujar Junaidi dikutip dari laman brin.go.id, Jumat, 16 September 2022.

Perekayasa Ahli Madya sekaligus salah satu Ketua Kelompok Riset di PRTH, Muryadin, menjelaskan selain berfungsi sebagai kapal untuk menunjang kegiatan pemanduan di area Sabang. Kapal ini juga berfungsi untuk operasional mobilisasi personel BPKS dari Sabang menuju Banda Aceh maupun sebaliknya.

Fasilitas yang dimiliki kapal ini beragam. Salah satunya, tempat tidur portable untuk mengangkut pasien yang sedang sakit.

“Desain kapal tersebut telah sesuai dengan standar kelayakan dan keamanan kapal sesuai dengan Peraturan dari Dirjen Hubla dan Regulasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” sebut Muryadin.

Muryadin menjelaskan pembangunan kapal dimulai sejak awal 2022 oleh galangan pemenang tender, yaitu PT Teknika Indo Maritim yang bertempat di Sidoarjo. Pembangunan Kapal Pandu Multipurpose ditargetkan selesai pada akhir November 2022.

BRIN sebagai perencana desain kapal tersebut juga turut mendampingi BPKS dalam monitoring pembangunan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kapal yang dibangun sesuai dengan desain yang disusun oleh pihak BRIN.

Sebanyak lima orang dari PRTH dan Laboratorium Hidrodinamika ditunjuk sebagai tim teknis pendampingan selama proses pembangunan berlangsung. Penunjukan berdasarkan permintaan dari KPA dan PPK terkait dengan pendampingan teknis kegiatan pembangunan kapal. (Sumber: Medcom.id)

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru