Program Kerja

Untuk mencapai tujuan organisasi, IPERINDO telah menerapkan program kerja yang terbagi ke dalam dua kegiatan yakni kegiatan ke dalam dan ke luar.

Dialog antara pengurus Iperindo dan INSA.

Kegiatan ke dalam.

  • Pemantapan pengembangan organisasi yang efektif dan efisien.
  • Peningkatan kerja sama berbagai bidang sesama anggota dengan tujuan pertumbuhan dan pengembangan industri kapal, industri lepas pantai, industri penunjang dan konsultan jasa maritim dan klasifikasi.
  • Mengupayakan dan mensosialisasikan serta mendistribusikan setiap regulasi maupun informasi yang bermanfaat kepada seluruh anggota bagi pengembangan industri kapal, industri lepas pantai, industri penunjang dan konsultan jasa maritim dan klasifikasi, baik dari sumber dalam negeri maupun luar negeri.
  • Menyusun data dan informasi secara lengkap dari seluruh anggota yang mencakup kapasitas produksi dan kegiatan serta hasil yang dicapai tiap tahun, dan menyusun data nasional secara lengkap mencakup kapasitas produksi, kegiatan serta hasil yang dicapai setiap tahun.
  • Membantu dan memberikan perlindungan kepada anggota yang mengalami kesulitan/permasalahan dalam bidang usahanya dan membentuk divisi¬† advokasi dalam hal penjelasan regulasi pemerintah.
  • Mengupayakan meningkatkan kompetensi para anggota sehingga memperoleh sertifikat ISO dan sebagainya dengan mensosialisasikan penguasaan manajemen mutu ISO seri 9000 tahun 2000 dan 14000, HSE dan SMK3, ISO seri 14001 dan ISO seri 18001.

Kegiatan keluar.

  1. Meningkatkan dan mengembangkan kerja sama dengan pihak pemerintah, lembaga legislatif, lembaga pendidikan/pelatihan/penelitian, lembaga keuangan dan pihak non-pemerintah di dalam negeri dan luar negeri untuk kemajuan para anggota mencakup seluruh aspek pemasaran, pendanaan, teknologi, peraturan perundangan dan sumber daya manusia.
  2. Memperjuangkan harmonisasi regulasi/kebijakan pemerintah terkait dengan kegiatan usaha industri perkapalan dalam negeri dengan segala industri terkaitnya untuk menjadi industri yang mandiri dan berdaya saing.
  3. Mengupayakan peningkatan kemampuan anggota melalui keberpihakan dan kesempatan meraih pekerjaan serta kepercayaan pasar sehingga anggota Iperindo pada khususnya dan industri perkapalan nasional pada umumnya menjadi tuan di negeri sendiri.