PT DPL Telah Perbaiki Lebih dari 1.000 Unit Kapal

Berita Terpopuler

Surabaya-PT Dok Pantai Lamongan (DPL) berhasil melakukan docking atau menaikkan kapal untuk perbaikan yang keseribu kali pada Agustus 2022. Dok Pantai Lamongan telah melakukan docking sejak 2010 hingga 2022.

Perbaikan kapal yang keseribu atau R-1000 ini menjadikan PT DPL sebagai galangan kapal pilihan pertama sekaligus yang memiliki kapasitas docking terbesar di Indonesia timur. Bahkan di tahun ini ada 17 kapal yang bersamaan melakukan perbaikan di PT Dok Pantai Lamongan.

”Pencapaian ini merupakan bentuk partisipasi pengembangan industri maritim di Jawa Timur, khususnya Lamongan,” ujar Deputy General Manager PT DPL, Zacharias Santoso saat Docking project R-1000 di Paciran, Lamongan, Jumat (5/8/2022).

Kapal yang mendapatkan nomor project R-1000 adalah MV Meratus Kampar milik PT Meratus Line. Hal ini telah sesuai dengan urutan kontrak repair yang masuk ke dalam sistem di PT DPL. Huruf R pada R-1000 adalah singkatan dari Repair atau perbaikan.

Zach menuturkan, industri galangan kapal saat ini mulai kembali bergairah setelah sempat lesu akibat pandemi. Dia juga mengaku optimistis target perusahaan dapat tercapai.

“Peningkatan permintaan perbaikan kapal tidak lepas dari mulai kembali bergairahnya perekonomian serta kenaikan harga komoditas seperti batu bara,” ucapnya.

Dengan kenaikan harga komoditas seperti batu bara, perusahaan pertambangan tentu membutuhkan kapal tongkang. ”Kalau membangun tongkang baru memakan waktu, jadi kapal tongkang yang ada dimaksimalkan. Yang cepat ya perbaikan. Di sini perbaikan biasanya antara 14-21 hari kerja,” ujar Zach. (sumber: liputan6)

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru